Monday, February 13, 2017

Cara Mengatasi Lupa User dan Password Modem Speedy Indihome ZTE F609/F660

Dari zaman koneksi masih menggunakan tembaga, dengan modem speedy yang masih bisa diganti semau-mau kita, saya belum pernah menemui yang namanya Password Modem itu berubah sendiri, entah itu yang merubah dari orang iseng, atau saya lupa passwordnya, atau bahkan bisa jadi dari admin telkom sendiri.
Pasalnya seingat saya, saya selalu menerapkan user dan password yang sama disemua perangkat saya, tiba-tiba saya mengalami gagal login di pesawat modem saya, padahal dengan modem-modem lainnya berhasil login, oleh sebab itu saya ingin berbagi ke teman-teman, siapa tahu saat ini anda mengalami hal yang sama yang terjadi pada saya sendiri tempo lalu.

Untuk dapat melihat user, password Modem speedy indihome ZTE F609 kita harus masuk ke telnet modem, semoga dari settingan default telkom masih open port telnet ke modemnya. untuk langkah-langkah detailnya adalah sebagai berikut :
  • Buka telnet anda dari Putty atau cmd PC/Laptop anda yang terhubung satu jaringan dengan Modem, lalu ketikkan perintah user login : root , dan password : Zte521 , seperti gambar dibawah :

  • Setelah bisa login ke telnet modem anda, silahkan ketikan command berikut ini :
  • Lalu tekan Enter , maka akan keluar Log seperti dibawah ini :

Yang saya kasih kolom kuning adalah login dan password modem, silahkan dicari seperti gambar diatas dan sekarang buka dengan ID, Password tersebut, maka jika anda berhasil akan keluar tampilan menu utama Modem, 

Untuk menghindari perubahan yang terjadi terhadap modem speedy indihome anda silahkan segera ganti password modem anda, dengan cara sebagai berikut dibawah :
## Login Modem
user : root
pass : Zte521

## Command Melihat ID,Pass 
sendcdm 1 DB p DevAuthInfo

## Jika cara pertama tidak berhasil gunakan Comman dibawah
grep -E 'Password|Username' /userconfig/cfg/db_user_cfg.xml

## Ganti password modem Zte F660
sed -i -e 's/passwordlama/passwordbaru/g' /userconfig/cfg/db_user_cfg.xml
Copy - Paste di New Terminal
    Selamat Mencoba dan semoga berhasil seperti testimonial saya .
2 comments:
Write comments
  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm..... silahkan pm kang klo mau private koment, terima kasih udah mampir

      Delete