Saturday, February 11, 2017

Belajar Manajemen Bandwitdh Mikrotik : Data Rate Management

Data rate adalah Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik. Data rate dipengaruhi oleh kuat lemahnya sinyal Rate flapping terjadi karena naik turunnya data rate (rate jump), Rate flapping dapat dicegah dengan memilih data rate yang lebih rendah agar link lebih stabil.

Contoh :

Perhitungan Besaran Data / Datarate (MB, KB, Kb)


Pernahkah anda menemui extensi besaran seperti KB dan kbps pada saat anda melakukan download ?, apakah dua besaran tersebut saling berhubungan dan kemudian apa arti dan fungsi dari besaran tersebut bagi anda sebagai konsumen tentunya ?

besaran / satuan yang dijelaskan diatas erat kaitannya pada saat kita melakukan kegiatan transfer data pada trafick signal, frequensi dan pada rate komputer, dari dua besaran tersebut memiliki definisi yang berbeda adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

K = 1000
B = Bytes

k = 1024
b = bits

File size (Berapa besar file dalam komputer) biasanya disebut dengan nama “kilobytes”, “megabytes” dan “gigabytes”. bagaimana jika kita ingin melakukan contoh penerapan data rate di hotspot mikrotik ?

Berikut langkah-langkahnya :
  • buka winbox,lalu wirelessàregistration

Pada gambar diatas penerapan data rate terdapat pada kolom TxRate dan RxRate
  • Penerapan Data Rate pada gelombang signal dari mikrotik

Sample Support pada Data Rate Hotspot Login


Jadi data rate itu dalam suatu perangkat pasti ada dan pasti bervariasi asal jangan sampai melewati bit yang di tentukan oleh internasional.

Nah bicara mengenai Data Rate erat kaitannya dengan management bandwitdh mikrotik, karna digunakan sebagai limitasi per user yang mempunyai profil berbeda-beda. untuk dapat belajar management bandwitdh mari kita baca artikel-artikel dibawah ini :

Source / Reference : http://www.mikrotik.co.id/


TUTORIAL MANAJEMEN BANDWITDH MIKROTIK TINGKAT LANJUT :

UNTUK LEBIH LENGKAP MENGENAI MANEJEMEN BANDWITDH MIKROTIK BACA ARTIKEL-ARTIKEL DI LINK TUTORIAL LENGKAP MANAGEMENT BANDWITDH MIKROTIK

No comments:
Write comments