Saturday, July 1, 2017

Cara Konek VPN di Windows 7 Gratis

Untuk dapat menggunakan VPN di windows 7 kita perlu melakukan beberapa langkah-langkah konfigurasi network yang harus dipenuhi. Syarat untuk bisa menggunakan VPN, kita harus mempunyai jaringan internet terlebih dahulu, disini saya menggunakan layanan internet dari ISP Lokal sebagai koneksi utama.
Tujuan dari pada menggunakan layanan VPN itu adalah sebagai berikut :

  1. Untuk Menstabilkan Koneksi Internet dikarenakan koneksi induk bermasalah di sebagian link, link tersebut bisa link lokal maupun link international, contoh kasus link ke garena ( Point blank ).
  2.  Sebagai media kita untuk dapat masuk ke sebuah jaringan lokal, baik untuk remote, akses pertukaran data, dan pointing DNS atau bypass firewall/blocking dari ISP tertentu.
  3. Untuk menyembunyikan IP Public asli / privat data dari pencarian orang lain.
Setelah kita  mengetahui beberapa tujuan dari pada menggunakan VPN, kita lanjut ke cara konfigurasinya :

Pertama : Sorot dan Klik menu Network and Sharing Center. Lalu pilih menu Setup a New Connection Network, seperti gambar dibawah :



Kedua : Selanjutnya pilih menu Connect to a Workplace lalu Next.

Ketiga : Pilih menu No, Create a New Connection lalu Next.
Keempat : Lalu pilih Use my Internet connection (VPN) dan Isi sesuai data yang ada pada VPN Server yang diberikan kepada kita sebagai akses client. 

 


Kelima : Lalu isi Username dan Password sebagai akses client VPN kita.


Perhatikan di status Network Connection telah muncul sebuah nama koneksi VPN yang telah kita buat Klik nama koneksi VPN tersebut lalu pilih properties.

 Keenam : Lalu pada menu tab Security, kita tentukan jenis VPN kita misalnya pada contoh ini kita gunakan PPTP VPN tanpa Enkripsi.

 Ketujuh : Selanjutnya pada menu tab Networking, kita cek setting pada Internet Protocol / TCP-IP. Lalu kita klik Properties dan selajutnya kita klik lagi menu Advanced dan Pahami sedikit artikel dibawah :

  • Jika Use default gateway on remote network kita aktifkan maka apabila Client ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka selanjutnya Gateway yang di gunakan bukan lagi gateway dari koneksi local melainkan mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server.
  • Jika Use default gateway on remote network kita NON-aktifkan maka apabila Client ini sudah terkoneksi ke VPN Server maka Gateway yang di gunakan TETAP gateway dari koneksi local alias tidak mengunakan Gateway yang ada pada VPN Server. Artinya VPN hanya di gunakan sebagai jembatan untuk mengakses dan memanfaatkan resource yang ada di jaringan LAN ( misalnya : FileServer, Email Server, WebServer, Applikasi internal corporate, dll )
Kedelapan : Selanjutnya kita Connect VPN Client kita. ( pastikan Username & Password telah kita setting dengan benar. Dan tunggu sampai VPN keluar status Connected.


 Sampai disini anda sudah berhasil menghubungkan koneksi VPN di windows 7.

Referensi :
- Thinkxfree
- Mikrotik.co.id
No comments:
Write comments