Friday, February 24, 2017

Solusi Remote Mikrotik Dari Luar Jaringan Pada Modem IP Dinamis Indihome Mode PPPOE

Dengan datangnya Indihome Fiber Optik produk Telkom memang kesannya sangat murah untuk urusan bandwitdh, tetapi dibalik itu semua juga terdapat banyak kekurangan yang dapat kita rasakan akhir-akhir ini, seperti :

  • Bandwitdh bersifat shared bandwitdh
  • IP Static sekarang sudah sangat sulit didapat, kecuali adanya kesepakatan lebih lanjut dan tentunya harga paket bulanannya pun sangat mahal
  • Akses modem indihome sekarang sudah di bikin claster ( ada akun login kusus admin Full Read&Write, admin Read
  • Permintaan ke setting modem mode Bridge sekarang terkesan sulit, karna dari pihak tehnisi selalu menyarankan untuk mode PPPOE
Nah, masalah datang jika kita ingin meremote jaringan kita dari luar, IP berada di Modem karna kita menggunakan mode PPPOE bukan Bridge (yang bisa dial IP dari mikrotik). lalu seperti apakah yang harus kita lakukan supaya kita bisa meremote jaringan kita dari luar ?
Untuk anda yang bisa masuk pada mode admin full pada modem indihome anda, silahkan lakukan step-step sebagai berikut :
  • Buka Modem dan aktifkan DMZ modem
  • DMZ IP Address arahkan ke interface mikrotik yang dipakai oleh WAN, biasanya kebaca otomatis.
  • Setelah selesai Save dan Reboot , maka IP Public anda sudah bisa diakses dari luar jaringan.
Masalah akan datang lagi seperti kasus yang telah saya paparkan diatas, IP Modem speedy dinamis sifatnya berubah-ubah, dan pastinya tidak mungkin kan kita selalu mencari tahu IP kita terlebih dahulu untuk meremote jaringan kita? apalagi jika kita ingin memanfaatkan IP kita untuk keperluan remote cctv dari luar jaringan karna kebetulan cctv kita model lama, belum ada fitur cloud dari pabrikan cctv, masalah lagi kan ? tapi tenang saja, mikrotik memberikan solusi kepada kita yang sangat efisien dan reliable. yaitu dengan adanya menu IP => Cloud pada mikrotik. Oke langsung saja kita setting IP Cloud nya :


Nah lakukan step-step seperti yang telah kita kasih kolom kotak digambar diatas.
DNS Name adalah Domain yang nantinya kita gunakan untuk meremote jaringan kita dari luar.

Sahabar Mikrotik.., Mudahkan caranya ? 

Untuk lebih menarik dan mudah diingat lagi, ada cara lain yaitu menghubungkan DNS Name dari Cloud Mikrotik dengan Domain Website yang kita miliki, jadi memudahkan kita untuk mengingat domain yang awalnya acak-acakan karena diambil dari SN Router Board kita, untuk caranya akan kita paparkan dikemudian hari. makanya selalu update informasi mengenai tutorial-tutorial dari Mikroserver ya sahabat.

No comments:
Write comments